Selasa, 25 Desember 2012

SARAN-SARAN KEBERHASILAN PENGGUNAAN INTERNET




Meskipun Web masih berusia relatif muda, perusahaan-perusahaan telah mengindentifikasi beberapa kunci untuk keberhasilan penggunaannya. Para eksekutif yang membuat keputusan strategis bagi perusahaan hendaknya mempertimbangkan tips-tips berikut ini dan memberikan tanggung jawab untuk mencapai tujuan-tujuan ini kepada CIO dan bidang IS.

  1. Pastikan situs Web Anda kuat. Ketika anda memberikan komitmen pada suatu proyek Web, bersiaplah untuk pergi ke luar halaman Web dan mengaitkan basis data anda dengan Web melalui aplikasi-aplikasi anda. Hal ini akan memungkinkan anda mengintegrasikan Web ke dalam sistem informasi berbasis komputer yang anda miliki dari pada hanya menggunakan sebagai satu cara untuk menyediakan dan mendapatkan informasi. Integrasi dengan basis data perusahaan adalah satu hal yang penting.
  2. Pastikan Browser dan struktur basis data Anda fleksibel maupun intuitif. Hal ini akan memungkinkan Anda menangani perkembangan di masa mendatang dan memberikan akses cepat bagi para pengguna.
  3. Menekankan Isi. Jngan terjebak pada gambar, audio, dan video sehingga Anda melupakan sasaran utama dalam menyediakan informasi. Untuk isi yang kuat, tidak ada yang dapat mengalahkan naratif dan tampilan berbentuk tabel.
  4. Sering diperbarui. Mengundang para sekutu bisnis dan pelanggan yang melihat-lihat untuk selalu datang kembali. Pembaruan setiap hari bukanlah hal yang terlalu sering bagi banyak perusahaan.
  5. Melihat di luar pelanggan. Gunakan internet untuk memperbaiki  komunikasi dengan seluruh unsur lingkungan perusahaan-kecuali pesaing tentunya.
  6. Tunjukan isi pada kebutuhan spesifik pengguna. Mendorong pengunjung untuk mendaftarkan nama,alamat,dan minat mereka pada situs anda. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk menyesuaikan halaman situs anda sesuai dengan kebutukan pengguna.
  7. Menjadikan Internet intuitif. Lakukan segala hal yang bisa anda lakukan untuk membuat situs Web Anda secepat dan seefisien mungkin. jangan terlalu banyak menggunakan  grafik , karena akan memperlambat tampilan . Ingat,rancang antarmuka  dari sudut pandang pengguna ,bukan perusahaan.
  8. Berada di lokasi Web yang tepat. Jika situs Web Anda tidak menghasilkan lalu lintas sebanyak yang Anda harapkan, pertimbangan untuk mengaitkannya dengan situs-situs lain, seperti situs asosiasi perdagangan dan industri dan organisasi-organisasi profesional.
  9. Ciptakan rasa kebersamaan. Libatkan pengguna dalam situs Anda dengan memberukan kesempatan bagi mereka untuk memberikan saran, keluhan, dan seterusnya. Gunakan fitur-fitur interaktif Web seperti sistem papan buletin dan e-mail.
  10. Carilah bantuan jika Anda membutuhkannya. Pekerjaan Web adalah pekerjaan yang sangat terspesialisasi. Dari pada mengembangkan keahlian internal sendiri, mungkin lebih masuk akal jika mengontrakkan pembuatan dan pemeliharaan situs Web Anda kepada para profesional.

Saran-saran di atas sekaligus menunjukan bahwa memanfaatkan Web secara sepenuhnya ternyata tidak hanya sekadar membuat halaman Web saja. Keberadaan Web yang baik membutuhkan lebih banyak usaha dari pada kebanyakan proyek-proyek lain yang tidak berhubungan dengan Web.

2 komentar:

  1. aci joint k blogg gua atuh http://demianarahalus.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. udah mie , aci dah joint ko. mank gk ada yahh ??

    BalasHapus